UNDER MAINTENANCE

Jul 10, 2013

M3 cairan pencampur

Sebelum lebih jauh dalam pengenalan sablon,anda harus mengetahui beberapa jenis cairan bahan kimia yang paling sering di gunakan untuk dalam proses sablon.tiap cairan/obat pencampur memiliki fungsi masing-masing.

1. M3/M3 Super cairan pencampur ini digunanya untuk mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan and warna yang diinginkan. biasanya digunakan pada tinta berbasis minyak seperti pvc(cat untuk plastik) diantaranya: 
  • Cairan M3( sifatnya keras dan baunya menyengat, cepat melarutkan lemak seperti      plastik, karet dan kulit) 
  • M3 Super( lebih keras dari m3 biasa)
Saran( sebaiknya ketika aka menyablon gunakan sarung tangan, agar kulit tidak rusak, dan gunakan masker agar pernafasan tidak terganggu ketika menggunakan cat/ campuran seperti m3. karena dapat menyebabkan kerusakan fungsi pernafasan)

2. Binder ini digunakan untuk mengencerkan Tinta berbahan dasar air (Water Base),sangat di butuhkan mengencerkan Tinta karet/Rubber,Dengan binder kita bisa mengatur kekentalan dari Tinta karet agar lebih mudah digunakan saat proses penyablonan,binder juga berfungsi sebagai penguat cetakan agar tidak mudah luntur.

3. Biang warna adalah pigment colour untuk Tinta basis air(Water Base) dapat digunakan Untuk Tinta Extender,Rubber Trasnparant(C/M/Y/K),Rubber netral dan jenis-jenis Rubber standar lain nya.



4.Obat Afdruk digunakan untuk melapisi kain screen dan menghasilkan efek stencil ( lubang bergambar ) melalui sebuah proses photokimia. 
Obat Afdruk biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu cairan kental yang sering disebut sebagai emulsion dan cairan warna orange yang sering disebut kalium /sensitizer (SR). Emulsion adalah cairan kental yang berfungsi untuk menutupi lubang / pori-pori dari kain screen dan bersifat permeable ( dapat menahan cairan).


5. Cairan/bubuk Penghapus Afdrrukan
Jenis cairan atau obat penhapus afdrukan banyak sekali. dari sekian jenis itu dikatagorikan dalam 2 jenis yaitu

A. Jenis keras
B. Jenis yang tidak keras

  • Jenis keras
    Maksudnya adalah cairan ini bila terkena kulit akan menyebabkan rasa yang panas, gatal dan sebagainya, untuk penggunaan jenis cairan ini harus menggunakan sarung tangan karet atau pakai kuas dan harus hati-hati. cairan ini biasanya dijual ditoko obat batik. kelebihan dari cairan ini harganya yang lebih murah tapi proses penghapusannya lebih cepat yang termasuk dalam golongan ini adalah : Kaporit, kustik dll. Penggunaan larutan ini adalah dengan mencapurkan larutan dan air panas secukupnya.
  • Jenis Tidak keras
    Jenis cairan penghapus ini boleh dikatakan ramah lingkungan, sebab sudah melalui proses yang lebih baik, dikulitpun tidak berbahaya jika terkena. contoh produk penghapus seperti ini Ulana5, Ulano4. Bau dari penghapus inipun tidak seperti pada jenis yang keras, namun utuk masalah harga relatif lebih mahal. larutan ini bisa dicampur air atau bisa juga tidak bila ingin mendapatkan reaksi penhapusan yang lebih cepat.

Cairan-Cairan Pengencer/Pencampur yang di atas adalah jenis2 cairan yang paling umum di gunakan dalam dunia sablon.

0 komentar:

Post a Comment